Tank Indonesia dan negara sekitar

Scorpion90

Tank adalah salah satu arsenal yang paling penting dalam pertempuran darat dimana awal awalnya merupakan kendaraan tempur yang diharapkan dapat menjebol pertahanan statis/parit dalam perang dunia I yang pada saat itu amat sulit untuk ditembus.

Dalam Perang dunia II kepiawaian kendaraan tempur ini semakain  berkibar dan menjadi kekuatan kunci pada pertempuran di berbagai sektor,barat,timur bahkan afrika dengan konsep blizkreig dimana Tank menjadi unjung tombak serangan kemudian infantri mengikuti dari belakang,ini berbeda dengan konsep umumnya dimana infanteri sebagai ujung tombak lalu tank sebagai pendukung,namun jerman telah membuktikan kekuatan dan keefektifan monster darat.
3 kunci Keunggulannya; 1.Pelindung(armour) 2.Mobilitas 3.Daya hantam. Akan tetapi Produsen harus Pandai2 memadukan ke3 keunggulan ini,karena untuk saat sekarang ini sangat sulit memadukan ke3 keunggulan tadi. misalnya Tank yang di unggulkan mobilitasnya harus mengorbankan daya Lindungnya spt; Scorpion, dulu PzKpfw III menjadi kekuatan uama dalam Blizkreig jerman sangat unggul dalam mobilitas sehingga memberikan daya kejut bagi musuh akan tetapi daya kebalnya kurang, sebaliknya Tank yang diungulkan dalam hal perlindungan harus mengorbankan mobiliasnya contoh; Tiger Tank andalan jermanpada PD II dengan bobot 55 ton (tebal baja 10cm) hanya memiliki speed 38km/jam, daya hantam memang hebat, tapi daya kejut ternyata tidak

Indonesia saat ini juga memiliki beberapa jenis Tank yang berategori ringan,antara lain dari jenis Scorpion90,AMX-13 bagi TNI-AD dan PT-76 pada Marinir yang mana jumlahnya dan kualitas dan kuantitasnya sangat tidak sepadan pada zaman sekarang ini.

PT-76 adalah tank generasi tahun 50an buatan sovyet,yang mana pengadannya pada awal tahun 60an pada saat konflik Irian Barat dengan belanda.Tank ini sendiri memiliki berat 14 Ton berkemampuan amfibi dengan senjata utama kanon 76mm.  jumlah yang dibeli TNI pada awalnya 130 namun sekarang dibawah 30 unit.

AMX-13 juga dari generasi 50an, buatan prancis,terkenal setelah dipakai Israel dalam konflik Suez dengan Mesir,,dibeli indonesia juga pada tahun 60an untuk menghadapi belanda, mempunyai berat 13 ton dengan senjata mulai dari kanon 75 mm s/d 90mm, jumlah yang dibeli TNI totalnya 125 unit dan sampai saat ini masih dipakai TNI-AD padahal di negara asalnya telah di musiumkan dan dijadikan latihan tembak.

Scorpion90 adalah Tank ringan buatan Inggris dengan  berat hanya 8 ton, ini dimungkinkan karena terbuat dari campuran aluminium dan baja, sangkin ringannya dapat dipacu sampai kecepatan 80 Km/jam. Tank ini dari generasi 70an dan pengadaannya oleh TNI pada tahun 96 s/d 98 dengan jumlah 60 unit bagi tipe kanon dan 16 unit stormers(APV). namun sekarang kendala embargo menjadi masalah bagi Tank ini.

Kondisi diatas tadi jelas amat tidak ideal bila dibandingkan dengan luas wilayah dan jumlah rakyat yang amat besar, seharusnya indonesia paling tidak mempunyai 3000 tank dari berbagai jenis, atau idealnya 1000 Tank berkualitas disaat damai, terlepas dari alasan kepulauan dan hutan tropis. bandingkan dengan vietnam yang jauh lebih kecil, mereka memiliki + 2200 Tank dan diantaranya 300 T-72 buatan sovyet yang merupakan Tank tempur utama dengan berat diatas 40 ton.

Belum lagi dengan Israelnya asean (singapura) negeri batu karang seujung kuku itu memiliki 375 AMX-13 Kanon yang dibelinya dari Israel, 100 MBT centurion Inggris dan yang baru saja dibeli, Tank yang sangat ter-

kenal didunia; Leopard buatan Jerman sebanyak 66 unit. Tank ini merupakan Tank dengan kategori MBT beratnya sekita 55 ton dengan senjata utama kanon 120 mm, diyakini bila berhadapan dengan AMX-13,taksatupun AMX-13 dapat menembusnya,,butuh perjuangan keras bagi AMX-13 untuk dapat melumpuhkan Leopard. namun sebaliknya,dengan sekali hajar maka AMX-13 dapat langsung jadi rongsokan. mungkin dibutuhkan 10 AMX untuk melumpuhkan 1 Leopard.

Sedangkan Malaysia memiliki 26 Tank ringan Scorpion90 dan baru mendatangkan 48 MBT PT-91. tank ini ialah versi T-72 rakitan Polandia. Walaupun banyak mengundang pertanyaan kenapa malaysia berani mendatangkan MBT yang mempunyai berat 48 ton ini ke daerah tropis, namun mereka berargumen, bahwa apapun ceritanya MBT akan lebih unggul dalam pertempuran melawan Tank ringan, dan sistem track atau rantai akan menyebarkan/meratakan beban bukan pemusatan beban seperti pada sistem roda,hingga tank tidak amblas dipermukaan tanah,juga dengan memiliki MBT maka daya gentar akan lebih besar dalam suatu pertempuran.mungkin ini jugalah yang menyebabkan  malaysia bisa besar Kepala dan cendrung ofensif pada Indonesia yang mereka anggap lemah.

Sedangkan Tailand adalah pemakai Tank yang paling ideal dalam segi kualitas dan kuantitas untuk MBT mereka punya 178 M-60A3 Patton, 105 M-48 sisa amerika dalam perang Vietnam dan dari China mereka mengimpor 50 Type-69-II,sedangkan untuk Tank ringan mereka punya 106 M-8 Stinger buatan USA,dan 154 Scorpion 90. Ini dikarenakan Tahiland langsung mempunyai perbatasan darat dengan Vietnam,Kamboja,China,Malaysia dan Myanmar. Dengan lebarnya garis perbatasan dengan berbagai Negara mereka menganggap perlu memiliki banyak Tank yang handal untuk mengantisipasi segala kemungkinan terburuk.

Dan China sebagai Raksasa asia sejak lama telah mengembangkan beberapa model Tank yang banyak mereka Copy dari Sovyet (kini Rusia) pada umumnya dari T-62 dan T-72 yang mereka kembangkan menjadi Type series yang jumlahnya ditaksir mencapai ribuan unit

About these ads

50 responses to “Tank Indonesia dan negara sekitar

  1. suatu kajian yang realistis dimana dapat menambah wawasan bagi masyarakat kita yang awam mengenai dunia kemiliteran,sangat bagus..dan sebaiknya para petinggi di negara ini jg perlu memperbesar TNI agar posisi tawar politik lebih kuat …dari pada dananya habis tidak jelas

  2. sedih melihat alutsista TNI…. Tank sudah pada uzur, kapal perang ga jauh beda, kapal selam apalagi (cuma punya 2 biji), pesawat tempur usang (sukhoi yg terbaru masih ompong), pesawat angkut militer berguguran satu per satu….

  3. cuma mo nambahin komentarnya eko

    e e e e DPR yang gaji jauh lebih gede di bandingkan TNI masih minta tambah gaji.

  4. Satu negara tenggara nampaknya sengaja tidak dicantumkan. Philipina. Kondisinya lebih buruk dari Indonesia. Tapi aman-aman saja.

  5. filipina kondisinya tidak aman2 saja kok, karena militernya yang kurang solid, negara ini rawan kudeta, dan pemberontakan berkepanjangan.
    mbt sangat sulit digunakan di indonesia karena medan yang berbukit-bukit. lebih baik memperbanyak artileri gunung dengan kaliber 125 atw 155mm. disamping memperkuat angkatan udara.

  6. wahai teman-teman seluruh indoneisa,,jangan perenah pesimis mA TNI kita,,TNI punya senjata rahasia untuk menghancurkan lawan,,,kita diam bukan berati kita lemah…cuma negara yang ngusik kita bukan level kita untuk perang…….

  7. insyaAllah… saya akan membuat tank kelas berat sendiri buat negaraku tercinta Indonesia…

  8. Menurut saya mah, kalau kita pengin punya Tank yang banyak harus bikin sendiri, Kan kita punya Pindad kita harus percaya pada produk dalam negri pasti Pindad bisa bikin tank yang lebih canggih, Pok.PINDAD ayo kamu bisa, ayo Pemerintah beri dukungan dong, dan beri modal. Uangnya jangan di KORUPSI, IH…HU..HU…IH…IH SAYA MAH MAU NANGIS

  9. mudah2xan gak ada perang

  10. Betul tuh kata galih kalo kita mau punya persenjataan yang banyak, dan super canggih bikin sendiri, bener kata pak JK lebih baik menggunakan produk dalam Negri karena menghemat biyaya, dan harsu percaya pada produk dalam Negri, Luar negri juga mengakui ko kehebatan produk kita masa kita ngga. Eh….yang utama jangan di Korupsiiii……..Pemerintah bberi modal tuh PINDAD. Beli mobil Mentri aja bisa mengapa tidak Pindad ngga di beri modal, pada anggota DPR jangan gaji doang dong yang di pikirkan….kerja yang baik jangan cuma 5 D. Cape deeeh…

  11. klo m’nurut q lebih baek indonesia buat ndiri tu tank,kan indonesia kaya akan sumber daya alam maupun manusia.klo dipikir pikir para pengangguran di indonesia kita gunain ja tuk buat senjata perang yang canggih.selain tu indonesia beli ato klo bisa buat ndiri pesawat canggih kaya’ f22 raptor buatan amerika,pasti malaysia ga’ punya nyali lagi tu ma ngara kita.1 lagi para koruptor mohon dihentikan aktifitas nyolongnya lebih baek tuk kesejahteraan rakyat n mbantu kasih modal buat perlengkapan TNI

  12. Pernah denger ,kriteria MBT Indonesia semacam tank ringan dengan bobot di bawah 40 ton, mungkin tank bikinan Swedia CV90 dengan meriam GIAT 105 mm bs jadi alternatif (berat cuma 22500) mungkin dg paket kerjasama alih teknologi shg kelak bisa bikin sendiri kaya panser Anoa dari type VAB, tapi ga tau tuh ama PT91nya Malaysia mahalan mana?

  13. seharus nya indonesia harus mementingkan kemiliterannya..indonesiA negara yang luas..maka pertahanan indonesia harus lebih layak..saya setuju bgt kalo anggaran pertahanan indonesia di naik kan..demi keamana indonesia

  14. Kita punya Pindad suatu saat kita pasti punya Tank kelas berat seperti MBT bahkan lebih ayo Indonesiaku.

  15. Saat nya sadar pemerintah SBY. Perbaiki citra dan harga diri negara dibanding pribadinya. saatnya Alutsista di bangun dengan kuat supaya disegani. Ayo pak, sadarlah..!! so untuk para anggota DPR.ayo alokasikan anggaran alutsista paling tidak sekelas Malaysia. Ayo…kami akan sangat kecewa bila hanya omong doang! MERDEKA!

  16. klo amx-13 dah uzur banget, mending ganti aja sm amx-56 perancis. salah satu MBT tercepat dan teringan. leopardnya singapur atau pt-91 nya malaysia juga bisa dihajar. mungkin pindad bisa kerja sama buat bikin, kayak panser anoa yang mesinnya dari renault perancis.

  17. buatlah tank , panser, pesawat, kapal selam dan kapal induk oleh Pindad datangkan ahli 2 nya dari negara luar…..pasti bisa….maka dari itu pemerintah dari sekarang harus memikirkan itu biar negara luar..tahu bahwa indonesia mampu,,,,,,,,,,,,,,

  18. kita sebagai warga negara Indonesia harus bangkit, Indonesia tidak akan maju kalo bukan kita yang menjadi penggeraknya. Tunjukkan kalo kita pantas disebut macan asia..

  19. Tank Kelas berat bisa hancur oleh senjata RPG dari jarak dekat. contohnya Tank Israel di gembpur oleh pasukan Hisbullah.

  20. Kalo mau buat ya udah buat aja, pake alasan dana (walaupun benar), coba buat kotak amal buat pengadaan ALUTSISTA, trs diadakan pemotongan pasti dari gaji anggota dewan & dari Pemerintah masing2x sebesar 2,5% perbulan (hitung2x sedekah) , sepertinya bisa jadi modal buat bikin rancang bangun tank MBT buatan dalam negeri

  21. TNI MAJU TERUS JAGA YG KETAT RI INDONESIA

  22. aku sdh membutat sketsa MBT uk indonesia dengan model 3d..menggunakan prog .google sketchup.7 dengan meriam size 130mm. tapi sayang itu hanya gambar

  23. kolo kita mau bikin , pasti bisa, ga susah itu. negara lain bisa knp kita ga???

  24. kita tidak pernah berperang dengan negara lain,dan negara lain tidak ada yang berani menyerang kita,jadi buat apa beli senjata yang mahal.kita belinya kalau sedang berperang saja biar ngirit

  25. sabar ya TNI,,,,,kami semua menyayangimu,,,woi DPR,,,,yang aneh -aneh ja orang kalian tuh,,,,yang minta gaji di nakan lah,,,yang macem-macem lah,,,,mang masih kurang gaji yang selama ini di terima???krang besar lagi???apa sih yang udah kalian berikan???orang kerjanya cuma tidur-tidur dan otot-ototan,,,,gak malu,,,,,dimana pikiran kalian,,?

  26. Indonesia paling cocok pake helikopter tempur seperti apache atau yang agak murah supaya banyak jumlah nya ya paling ka 52, buat anti tank ini. Atau pesawatnya beli bekas aja herrier atay yakolev (STOL), jadi murah tepat guna (tanpa butuh landasan yang bangunnya butuh duit banyak) dan bisa banyak jumlahnya.

  27. kalu korupsi indonesia juara 1 klu perang indonesia kala duluan….

    coba duit korupsi bli yg berguna buat negara jngan cma for kepentinagan diri sendiri… it kalanya indonesia

  28. saran, buat yg korupsi, agustus nanti korupsinya dihentikan, tahan hawa nafsu, sekalian kalo bisa indo punya 20 M1 abrams

  29. impor?????
    kita buat sendiri…..
    biar pun rodanya msh karet bkn besi.
    pake otak bkn pake otot n duit..
    kalo mau dibeli gpp, tapi lbh bagus dibuat…
    I LOVE INDONESIA!!!!!!!!!!!!!!!!!

  30. aduuhg,kacian nie RI. . .
    kox snjta’na gtu” jha cie. . . .
    buat donk…….
    msax bsa’na bli jha. . . . .
    negara kita pasti bisa buat tank yg hebat n’ tangguh. . . . .
    klo mslah dana,mnta jha ma para koruptor…………..

    maju terus indonesiaku……………….

  31. hey tni , beli aj m1A2 abrams ataw merkava 4 ……….. pasti bagus n tangguh…………………

  32. DPR kita,cuman mau uang saja..nafsu digedhein…dasar naluri binatang,dah tahu kondisi ngeri ini seperti ini,korup digedhein,tunjangan naik..bagaimana gak lepas pulau2 terluar dicaplox malaysia,alutsista aja kuno,kedaulatan kita bener2 diinjak oleh asing,yg disebabkan perilaku penyelenggara negara ini

  33. Hehehe..Merana betul nasib TNI ya, latihan fisik terus tapi senjata gak mendukung. Masa’ apa hrs pake bambu runcing? Saya males koment buat presiden ama DPR-nya. toh, mrk jg sibuk ama kepentingannya sendiri. Saya sepakat dg pola pikir pak JK soal Pindad produksi sendiri alutsita RI. Andai Bung Karno msh hidup, tentu tdk begini nasib TNI dan Bangsa Indonesia..(nelangsa.c0m)

  34. BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA/MELANJUTKAN KULIAH/KENAIKAN JABATAN ?!?!

    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH/KULIAH.

    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN :

    1. SMU:4.000.000
    2. D3:6.000.000
    3. S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI : SIM, STNK , KTP , REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA. KIRIM KE : 085736927001.ku@gmail.com
    BERMINAT?
    HUB: +6285736927001

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lain

  35. kalau mau ngehancurin Singapura sih, enggak usah beli tank.. rakyat Indonesia 250 juta orang suruh kencing di sana semua udah tenggelam kali tu Singapura..

  36. Di Gudang2 di Rusia banyak simpanan tank2 yg lumayan canggih yg bisa dinego. Jangan lupa Singapura beli tank Leopard bekas. Negara2 Eropapun banyak yg beli barang second. Kenapa tidak dicoba? Sepertinya, harganya sekitar 40% dari yg baru. Coba tiru Singapura atau ambil T-90S. Jika mau buat, tiru model tank ringan Pizzaro Buatan Spanyol. Lumayan cantik dan gagah. Meriamnya diperbesar.

  37. Kalau tidak salah, harga Leopard second 2jt dollar. Jadi 200 buah cuma seharga 1 kapal selam buatan Korea. Tapi efek psikologisnya cukup menggetarkan.

  38. ayo indonesia kamu bisa..

  39. Indonesia duitnya buat koruptor semua,itu kalo di gabung duit hasil korupsi bisa bikin 5000 Tank x tuh..hahaha

  40. pak TNI pak TNI coba dech bapak beli tank TYPE 90 japan,pasti bisa dinego tuh,karna japan kan wilayah asia juga……..,atau gak beli aja T90 rusia tank itu kan gak banyak di pakai lagi.jadi walaupun leopard 2 gak cocok,kita harus memperkuat MBT kita,supaya negara tetangga dan negara belahan dunia menyegani kekuatan TNI kita.

  41. PT Pindad akan mengembangkan kendaraan tempur tank ringan mulai 2014, untuk memenuhi kebutuhan pertahanan TNI Angkatan Darat. Dirut Pindad Adik Avianto Soedarsono mengemukakan rencana tersebut merupakan upaya untuk menjawab kebutuhan panser dan tank TNI AD yang saat ini 90% diisi oleh produk asing.
    coba klik: http://www.forumkami.net/militer/172655-tank-perang-buatan-indonesia.html

  42. Menurut saya indonesia harus memperbanyak kekuatan darat terutama tanknya seperti tank mbt model abrams dan leopard

  43. hayo GARUDA ku terbang yg tinggi .kami siap mendukung mu.

  44. oke lahh.. negara kita hrus kuat . tpi kita hrus efisien jga, kalo tank2 berat(MBT tu lbh baik beli yg bekas aj, tpi msh bagus.. karena tohh juga pasti jrang dpake, sedangkan tank2 ringan tu hrus yang diperbanyak dan hrus baru, karena lbh diperlukan. lebih ringan , cepat, efisien dan tidak merusak jalan.

    menurut saya ya, lebih baik yang diperkuat tu adalah sistem pertahanan(artilery, pesawat tempur, dan kapal perang), tank itu tdak perlu banyak2,. krna tank adalah senjata penyerbu, untuk nyerbu negara syapa? emang indonesia negara penyerang/penjajah? lebih baik bertahan, indonesia setiap pulau dibatasi oleh selat laut, untuk menyerang indonesia sebuah negara harus loncat dri 1 pulau ke pulau lainnya. kalo indonesia punya kapal perang yang kuat bagaimana negara lain bsa menerobos??

    kecuali utk batas indonesia-malaysia di kalimantan, itu hrus punya sistem pertahanan darat yg kuat. tpi lbih baik jika jumlah altilery yang dtmbah.. krena medan daerah tropis tidak cocok utk tank berat.

    dan 1 lagi pesawat tempur,. itu sangat perlu.. karena jauh lbh efektif melindungi dari serangan dan menghancurkan musuh dengan pesawat tempur..

  45. indonesia negri terbesar di asia tenggara dengan luas wilayah lebih dari 1.900.000 km2 seharusnya mempunyai anggaran pertahanan ang sepadan bukan tidak mampu hanya saja banyak anggaran meluap untuk hal2 yang gak jelas (korupsi) industri pertahanan dalam negri pun seperti dikebiri karena minimnya dukungan pemrintah.harusnya kita berkaca kepada iran dimana industri pertahanan dalam negri menjadi objek vital dalam upaya mempertahankan negaranya.. sehingga berbagai konspirasi untuk menyerang iran pun selalu jadi pertimbangan karena musuh tidak mengetahui kekutan tempur seperti apa negara itu.Karena bangsa yang cinta damai adalah bangsa yang siap perang dengan apapun ataupun siapapun demi tegaknya kedaulatan negara yang telah diperjuangkan para pahlawan kita.
    Jangan sampai pahlawan kita yang mewarisi negri ini ,akan menyesal karena anak cucunya hanya jadi macan ompong di belantaranya,Jadilah “Macan Asia”yang maju dlm berbagai bidang,.jadilah generasi2 tangguh yang slalu siap menghadapi tantangan.hambatan kedepan jauh lebih sulit dari sekarang.
    Tidak hanya pemerintah semua elemen masyarakat juga harus terlibat,dimana sekarang ini rasa nasionalisme seolah hanya slogan semata.Rasa tenggang rasa dan tepa salira sudah terkikis oleh kemajuan teknologi.
    khususnya pemuda pemudi jangan terbuai.raih prestasi banggakan negri ini

  46. percuma beli tank klo gak dipake2….tes donks sekali maen ama negara tetangga yang sok itu

  47. lebih baik tu sekarang indonesia banyak buat septi-tank pake kanon PVC 12 inci, Pipa hawa T Galvanis untuk ngubur para koruptor…… hehehe

  48. gw setuju banget tentang pembelian tank leopard.. karena walau katanya leopard gk cocok untuk kontur jalan di indonesia tapi gw pernah lihat leopard jalan di jalan yang penuh lumpur… tapi nggak mengalami kendala apapun…

  49. “Tank Indonesia dan negara sekitar | Tondy’s Weblog” really makes myself think a small amount further. I actually admired each and every individual component of this blog post. Thanks ,Alfred

  50. alah…para pegawai pemerintahan sekarang ini ga bakalan mikirin pertahanan dan kedaulatan nki…yang ada dalam otak para pejabat sekarang ini ialah korupsi dan korupsi…titik..ga usah banyak bacot…cot cot cot……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s